Jumat, Juli 31

Probolinggo menuju go Open Source Software



Menindaklanjuti Surat Mentri Ristek, Mendiknas, Menpan dan 2 mentri yang lain. bahwa nantinya semua komputerisasi di kantor PEMDA di seluruh Indonesia harus menggunakan software Open Source. Dari surat tadi diharapkan mulai tahun 2011, semua PEMDA harus sudah menggunakan OSS. Pada hari juma't 31 Juli 2009 Pemda Kabupaten Probolinggo mengadakan pertemuan untuk setiap dinas yg ada di wilayahnya. Untuk segera menyiapkan sarana dan SDM yang nantinya akan siap untuk mengorasikan.
Langkah-langkah awal paling tidak nantinya di setiap kantor dinas harus ada 1 Unit komputer yang sudah terinstall full OSS. Kemudian akan diadakan pelatihan bagi karyawan2 mereka. Dari PEMDA sendiri tadi menunjuk Bromo Telecenter sebagai tempat untuk belajar/pelatian bagi karyawan yang yang ingin belajar OSS.


Kamis, Juli 30

Kerajinan Eceng Gondok yang Mempesona


Eceng gondok ( Latin:Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.



Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. Akhir-akhir ini perkembangan tumbuhan air enceng gondok di perairan sungai, danau, hingga ke perairan payau sangat pesat. Sekilas tanaman enceng gondok tidak berguna. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, enceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai dan dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena enceng gondok terlalu banyak. Begitu pula bagi para masyakat disekitar pinggiran danau yang menganggap enceng gondok yang banyak didanau adalah penggau yang menghalangi aktivitas mereka di danau tersebut.

Kenyataan ini yang bisa menjadikan eceng gondok dianggap sebagai tanaman penggangu, tetapi bila kita jeli mencari peluang, maka tanaman eceng gondok sangat bermanfaat untuk memberikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan (handy craft). Seiring dengan perkembangan iptek, bagian tumbuhan eceng gondok setelah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas wanita yang cantik, kopor, sendal, keranjang (tempat pakaian bekas), tatakan gelas, tikar, nampan dan sebagainya. Malah belakangan ini banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel den furniture, sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.

Hingga saat ini sudah banyak daerah yang mampu mengembangkan eceng gondok untuk pembuatan barang-barang kerajinan, mebel den furniture. Antara lain di Purbalingga, Dl Yogyakarta, sekitar Kota Solo, Cirebon, Lampung, Surabaya dan Bali. Bahkan sebagian barang-barang kerajinan eceng gondok dengan model dan kualitas tertentu, banyak diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat yang semakin gandrung dengan barang-barang produksi dari bahan-bahan alami (back to nature).

Pembuatan handy craft dari bahan eceng gondok ini dibutuhkan proses yang cukup lama. Eceng gondok terlebih dahulu harus dikeringkan sekitar dua minggu. Setelah eceng gondok mengering lalu dibentuk kepangan panjang yang dilakukan warga dan kelompok perajin. Setelah berbentuk kepangan panjang, eceng-eceng tersebut dianyam menjadi barang yang diinginkan. Mulai dari pot bunga, tempat sampah, box tissue, tas, topi, perlengakapan dapur hingga furniture. Untuk lebih meningkatkan daya tarik pembeli, hasil anyaman tersebut ditambahakan cat pernis. Sehingga, tampilannya lebih mengkilap dan menarik.
Rata-rata kerajinan ini dijual di pasaran dengan harga mulai dari Rp 15 ribu hingga 5 juta. Tergantung dari ukuran barang dan tingkat kesulitan anyaman.

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan karya kerajinan tangan dengan bahan eceng gondok :

* Pengumpulan eceng gondok
* Pemisahan pangkal tangkai
* Pengeringan pangkal tangkai
* Penguliran
* Pembentukan/penganyaman jadi karya seni (Tas, hiasan dinding, dompet, kursi dll)

(Sumber gambar: http://kadokado.indonetwork.or.id/88817/kerajinan-enceng-gondok3.htm)

Limbah Cakar Ayam Berpotensi Membuka Peluang Usaha


Cakar merupakan sisa pemotongan ayam setelah diambil karkasnya. Masyarakat mengkonsumsi cakar ayam sejauh ini terbatas untuk sop, semur, bacem, dll., tetapi masih sangat jarang masyarakat mengkonsumsi rambak cakar, selain karena sulit didapat di pasar juga karena sulit dalam pengolahannya.



Cakar ayam dijual murah di pasar-pasar yang dihasilkan dari Rumah Potong Ayam (RPA). Dengan nilai jual cakar ayam yang tidak terlalu besar maka perlu adanya alternatif pengolahan cakar ayam yang lebih memiliki nilai jual, salah satunya adalah pengolahan menjadi rambak cakar ayam.
Rambak cakar ayam tergolong makanan ringan yang memiliki sifat renyah (keras tapi mudah patah). Kerenyahan inilah sebenarnya yang membuat rambak cakar ayam banyak disukai konsumen. Apalagi selain renyah, rasanya juga enak, tahan lama, praktis, dan dapat dinikmati kapan saja (terutama di saat santai) (Sutejo dkk, 2000).

Sebagai bahan baku rambak cakar sebenarnya merupakan daging dan kulit yang ada di bagian kaki. Oleh karena itu, kandungan gizi antara cakar dan daging ayam bias dikatakan relative sama. Seperti halnya daging ayam, cakar ayam juga mengandung protein, kalori, kalsium, fosfor, lemak, besi, dan vitamin A serta B1. Meski zat-zat gisi tersebut jum;ahnya bervariasi, tetapi kandungan protein, kalori, dan fosfornya cukup tinggi. Untuk itu perlu dipelajari bagaimana mengolah rambak cakar secara tepat dan benar.

Cara pengolahan Rambak cakar ayam, sebagai berikut
Bahan :

1. Cakar ayam 1 Kg
2. Garam 100 gram

Cara :

1. Cakar ayam di sortasi dan dicuci sampai bersih
2. Cakar ayam direndam dengan air garam + 15 menit
3. Cakar ayam dikukus selama + 3 menit ( jangan terlalu lama untuk memudahkan pengelupasan kulit )
4. Hasil kukusan didinginkan
5. Setelah dingin kulit cakar ayam dikelupas, diusahakan hasil kelupasan dalam keadaan utuh
6. Hasil kelupasan dikeringkan dalam oven 50o C selama 24 jam, atau di bawah sinar matahari ± 3 hari
7. Cakar ayam yang sudah kering lalu digoreng dan dikemas dalam plastik.

(Sumber Gambar: http://p00tri.multiply.com)

copy right: http://www.bisnisukm.com

Rabu, Juli 29

Peluang Berbisnis Keripik Limbah Melinjo


Melinjo? Siapa yang tidak mengenal melinjo? Melinjo (Gnetum gnemon L) termasuk tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) dimana daging buah terbungkus kulit luar. Biji melinjo yang telah tua berwarna merah tua merupakan bahan baku emping melinjo.



Selama ini pemanfaatan melinjo masih sebatas biji melinjo yang menjadi bahan olahan karena memiliki masa simpannya relatif lama dan bernilai ekonomis tinggi, salah satu olahan tersebut adalah emping. Emping melinjo adalah sejenis keripik yang dibuat dari biji melinjo yang telah tua.

Tanaman melinjo banyak manfaatnya, hampir seluruh bagian tanaman melinjo dapat dimanfaatkan terdiri dari daun muda, bunga, dan kulit lunak biji. Semua makanan yang berasal dari tanaman melinjo mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, selain karbohidrat juga mengandung lemak, protein, mineral, dan vitamin.

Lalu, bagimana dengan pemanfaatan kulit lunak bijinya? Selama ini kulit lunaknya hanya dijual dengan harga yang sangat murah karena masa simpannya yang relatif rendah. Itupun kadang berlebih yang biasanya hanya sebagai penghuni tong sampah alias sebagai limbah. Kulit ini biasanya hanya digunakan sebagai bahan beberapa masakan misalnya sayur lodeh, oseng-oseng, sambal goreng dan yang lainnya.

Karena pemanfaatannya yang kurang maksimal dan tidak memiliki nilai ekonomis tinggi. Maka, perlu adanya alternatif pengolahan yang lebih baik yang bisa meningkatkan nilai jualnya serta bisa menjadi peluang berbisnis bagi masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengolah kulit melinjo tersebut menjadi keripik kulit melinjo.

Bagaimana cara membuatnya? Keripik kulit melinjo dibuat dari kulit lunak biji melinjo yang merupakan limbah pada pengolahan emping melinjo. Cara pembuatan produk ini cukup mudah dengan menggunakan alat-alat sederhana yang biasa terdapat didapur rumah tangga. Berikut ini adalah cara membuat keripik biji kulit melinjo.

Bahan

* Kulit buah melinjo yang masih segar dan berwarna merah tua: 3 kg
* Gula merah: 0,7 kg
* Bawang putih: 15 siung
* Cuka (25%): 10 ml
* Cabe merah: 30 buah
* Daun jeruk nipis: 20 helai
* Ketumbar: 5 sdm
* Sereh: 5 batang
* Garam: 25 gram

Peralatan

* Kompor
* Wajan

Cara Pembuatan

* Pembersihan. Kulit melimjo dipilih yang merah tua, dan tidak busuk. Kotoran, kerikil dan tanah dibuang. Kulit ini dicuci dengan air sampai bersih, kemudian ditiriskan.
* Pengeringan. Kulit melinjo yang telah dicuci bersih dijemur sampai kering (kadar air di bawah 10%, atau dikeringkan dengan alat pengering.
* Penggorengan. Kulit melinjo yang telah kering digoreng si dalam minyak panas (suhu 170oC) sampai kering dan garing (selama 5-10 menit).
* Mempertahankan panas. Kulit melinjo yang telah garing dan masih panas dimasukkan ke dalam termos agar bahan tetap panas.
* Penyiapan bumbu

1. Bawang putih, daun jeruk, dan garam digiling sampai halus. Kemudian campuran ini ditumis dengan sedikit minyak sampai berbau harum.
2. Sementara itu gula merah diiris tipis, sereh dipukul sampai memar, dan cabe dibuang bijinya dan diiris tipis-tipis. Bahan-bahan ini dimasukkan kedalam bumbu yang sedang ditumis, kemudian ditambah dengan setengah gelas dan cuka. Pengadukan diteruskan sampai terbentuk adonan bumbu kental.

* Pembumbuan. Biji melinjo yang telah digoreng dan garing serta masih panas segera dimasukkan ke dalam adonan bumbu, dan diaduk secara cepat sampai tercampur merata.

* Pengemasan. Keripik kulit melinjo dikemas di dalam kantong plastik polietien, kemudian ditutup rapat.

(Sumber/ gambar: http://bisnisukm.com/peluang-berbisnis-kerupuk-limbah-melinjo.html dan http://farm2.static.flickr.com/1400/1437299885_9156c28a95.jpg?v=0)

copy right: http://www.bisnisukm.com

Peluang Bisnis Souvenir Khas Madura Pasca Suramadu


Bagaimana wajah Pulau Madura pasca-operasional Jembatan Suramadu? Berbedakah atau tetap sama?! Jembatan sepanjang 5.438 meter dan menelan dana sekitar Rp4,5 triliun tersebut merupakan jembatan prestisius terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura.


Secara geografis Pulau Madura sangat strategis berada di antara Laut Jawa dan Selat Madura yang menyimpan banyak potensi. Madura terdiri dari empat Kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan paling ujung timur Kabupaten Sumenep.


Selain empat kabupaten itu, Madura mempunyai 77 kepulauan, semuanya berada di Sumenep, kecuali satu pulau berada di Kabupaten Sampang, pulau Mandangin, perjalanan sekitar 2 jam dengan perahu kecil dari kota Sampang ke arah selatan. Sedangkan luas area pulau Madura mencapai 5.250 km2 dengan penduduk lebih dari 4 juta jiwa.

Banyak lahan kosong yang tidak produktif untuk pertanian berpotensi dijadikan kawasan pengembangan industry, pusat perdagangan dan yang lainnya. Apalagi, didukung dua pelabuhan besar, Pelabuhan Kamal di Kabupaten Bangkalan dan Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep.


Madura juga dikelilingi kawasan pantai dengan panorama indah yang telah menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional. Sebut saja Pantai Camplong di Kabupaten Sampang, Pantai Tlanakan di Kabupaten Pamekasan, Pantai Lumbang dan Pantai Omben di Kabupaten Sumenep.

Dengan adanya Jembatan Suramadu potensi inilah yang akan membawa perubahan yang diharapkan positif bagi perekonomian di Madura. Pemanfaatan potensi yang baik akan mendatangkan banyak pengunjung wisatawan yang banyak pula, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing

Hal ini akan berdampak pada masyarakat yang pandai memanfaatkan peluang sebagai kunci memulai usaha. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan souvenir khas Madura kepada para wisatawan yang datang ke Madura seperti batik Madura, hiasan dinding berupa cambuk dan celurit khas Madura, ukiran khas Madura, miniatur kapal rakyat Madura dan yang lainnya.


Sadar atau tidak, sejauh ini pasca Suramadu dibuka telah banyak masyarakat luar yang berdatangan ke pulau Madura, baik yang sekedar ingin menikmati Jembatan baru atau memang ingin mengetahui Pulau Madura secara utuh. Sehingga peluang usaha souvenir Madura ini cukup menjanjikan sebagai oleh-oleh khas Madura. Apalagi dilihat secara luas souvenir khas setiap Kabupaten di pulau Madura memiliki ciri khas yang berbeda-beda yang bisa di manfaatkan sebagai peluang bisnis ini.

Dengan pembentukan menejemen yang baik maka peluang bisnis ini akan lebih menguntungkan. Misalnya dengan pembentukan koperasi-koperasi yang menampung kerajinan masyarakat untuk dipromosikan sebagai souvenir khas Madura serta sebagai wadah simpan pinjam masyarakat untuk modal memulai usaha ini.


(Sumber gambar: http://wb4.itrademarket.com/pdimage/59/1363859_foto006.jpg, http://liyantanto.files.wordpress.com/2009/06/suramadu3.jpg)
copy right: http://www.bisnisukm.com

Selasa, Juli 28

Info CPNS Depperin

P E N G U M U M A N



NOMOR : 935/SJ.IND.2/PENG/7/2009

REKRUITMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN
FORMASI TAHUN 2009


Departemen Perindustrian membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia lulusan Strata 2 (S2), Strata 1 (S1)/Diploma IV (D.IV), Diploma III (D.III), untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Perindustrian.



I. PERSYARATAN UMUM

1. Persyaratan Pelamar :



a. WNI berusia serendah-rendahnya 21 Tahun dan setinggi-tingginya 30 Tahun pada tanggal 1 Oktober 2009.

b. Memiliki kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan.

c. Pelamar berasal dari Jurusan yang Terakreditasi A oleh Depdiknas untuk pendidikan Strata 2 (S2), Strata 1 (S1)/Diploma IV (D.IV), dan Terakreditasi B untuk Diploma III (D.III) kecuali Akademi dengan spesialisasi Teknologi Kulit.

d. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.

e. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta/pegawai BUMN/BUMD/Koperasi.

f. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri.

g. Berkelakuan baik berdasarkan catatan dari kepolisian setempat.

h. Sehat jasmani dan rohani berdasarkan keterangan Dokter.

i. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditentukan oleh Pemerintah.

j. Bersedia mengganti rugi bila setelah diterima, kemudian mengundurkan diri.



2. Kualifikasi Pendidikan



a. Diploma III (D3) : 89 orang

c. Strata I (S1)/ Diploma 4 (D4) : 301 orang

d. Strata II (S2) : 12 orang



Jumlah formasi dan kualifikasi pendidikan yang diperlukan, secara rinci tercantum dalam Lampiran Pengumuman ini.



3. Umur pada tanggal 1 Oktober 2009

a) Untuk Diploma III (D.III) / Sarjana Muda berusia maksimal 25 tahun.

b) Untuk Strata I (S1)/ Diploma IV (D.IV) berusia maksimal 28 tahun.

c) Untuk Strata II (S2), berusia maksimal 30 tahun.



4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK: skala 4)



a) Untuk Diploma III (D3)/Sarjana Muda minimal 2,60.

b) Untuk Strata I (S1)/DIploma IV (D.IV) minimal 2,75.

c) Untuk Strata II (S2) minimal 3,10.


sumber dan keterangan lebih lanjut silakan browsing ke :http://www.facebook.com/ext/share.php?sid=105349400668&h=xOzLt&u=dxYF0&ref=nf

Minggu, Juli 26

Usaha Kerajinan Tempurung Kelapa Tembus Pasar Mancanegara


Anda tahu batok (tempurung) kelapa? Bagi kebanyakan orang tempurung kelapa mungkin tidak berguna. Padahal sebenarnya tempurung kelapa justru sangat berguna untuk dijadikan kerajinan.
Siapa sangka dengan bermodalkan limbah tempurung yang dimodifikasi dengan tali pandan dan pelepah pisang, menjadikan produk yang satu ini bernilai seni dan semakin banyak diminati. salah satu contoh kerajinan ini sudah marak di daerah situbondo

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika aneka barang kerajinan berbahan baku tempurung kelapa muda ini kerap ditemui disetiap pusat perbelanjaan di daerah kota wisata seperti Jogja, Bali, dan Lombok.

Berbagai Macam Bentuk

Kerajinan tempurung kelapa banyak dijajakan untuk dijadikan buah tangan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari aksesoris perempuan seperti jepitan, bingkai foto, hingga perabotan rumah tangga layaknya sendok dan mangkuk.
Selain itu batok kelapa juga bisa dibentuk menjadi gelas minum, nampan, penutup lampu, sendok, garpu, atau sendok sayur. Dengan sentuhan seni yang sangat halus, hasil kerajinan batok kelapa tersebut terlihat sangat artistik. Bahkan hasil dari kerajinan tempurung kelapa ini bisa berupa ragam tas dengan berbagai bentuk (model) dan ukuran, beragam bentuk model rel gorden, cup lampu, peci, manik-manik/kancing, dan lain-lain.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajianan dari batok kelapa cukup mudah untuk didapatkan, seperti lem kayu, tangkel (batok kelapa), dempul, melamin, amplas dan cat. Selain itu texwood juga dibutuhkan untuk dijadikan rangka kerajinan seperti produk meja dan lemari kecil yang bagian luarnya ditempeli tangkel.Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Karena diseratlah melekat nilai seni yang kuat daripada usaha ini, selain bentuk-bentuk unik yang dibuat.

Kelezatan Nugget Ikan Lele


Ikan lele merupakan salah satu hasil peternakan yang kaya akan gizi. Ikan lele (Clarias spp.) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di tempat-tempat kritis, seperti rawa, sungai, sawah, kolam ikan yang subur, kolam ikan yang keruh, dan tempat berlumpur yang kekurangan oksigen. Hal ini dimungkinkan karena ikan lele mempunyai alat pernapasan tambahan, yakni arborecent. Ikan lele dapat pula dipelihara di tambak air payau asal kadar garamnya tidak terlalu tinggi.
Ikan lele termasuk dalam famili Claridae dan sering juga disebut mud fish atau catfish.


Di Indonesia, ikan lele dikenal dengan beberapa nama daerah, seperti ikan maut (Sumatera Utara dan Aceh), keling (Sulawesi Selatan), dan cepi (Bugis).
Penyebaran lele di Indonesia meliputi Jawa, Sumatera, Bangka, Belitung, Kalimantan, Singkep, dan Sulawesi. Di Indonesia, terdapat lima jenis ikan lele lokal yang sangat terkenal, yakni Clarias batrachus L (lele, kalang, maut, cepa), Clarias leiacanthus Blkr (keli, penang), Clarias nieuhofi CV (lindim, lembat, kaleh), Clarias melanoderma Blkr (duri, wais, wiru), dan Clarias teysmani Blkr (lele kembang, kalang putih). Di antara kelima jenis ini, hanya Clarias batrachus L. yang paling sering dijumpai dan dipelihara karena dagingnya yang lezat.

Pada tahun 1980-an, masuklah varietas lele baru yang dikenal sebagai ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang berasal dari Afrika. Lele dumbo memiliki ukuran yang besar, sehingga dikenal sebagai king catfish. Selain itu, dari segi rasa, ikan lele dumbo lebih unggul daripada lele lokal. Meski demikian, beberapa orang masih tetap fanatik dengan lele lokal karena beberapa alasan tertentu. Dilihat dari komposisi gizinya ikan lele juga kaya fosfor. Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi daripada nilai fosfor pada telur yang hanya 100 mg. Peran mineral fosfor menempati urutan kedua setelah kalsium.
Peluang usaha pengembangan olahan ikan lele masih besar. Nugget salah satu bentuk olahan dari yang dapat dikembangkan. Respon konsumen terhadap nugget cukup bagus mengingat sekarang ini orang juga memperhatikan kepraktisan sebuah produk. Nugget dapat disimpan dalam bentuk beku. Pengolahan nugget juga dapat memperpanjang daya simpan daging ikan lele. Nugget ikan lele berpotensi untuk dikembangkan. Nugget ikan lele dapat dikonsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasa nugget lele memang sedikit unik namun tetap lezat sebagai hidangan pelengkap. Nugget merupakan makanan yang disukai anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang mengundang selera.

Berikut adalah bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatan nugget lele :
a) Bahan-bahan
- Ikan lele 250 g
- Telur 1 butir
- Tepung roti 25 g
- Bawang putih 2 siung
- Keju 50 g
- Kecap 1 sendok makan
- Minyak goreng secukupnya
- Bahan pencelup sebelum digoreng
o Tepung roti 25 g
o Telur 1 butir

b) Peralatan
- Kompor
- Gilingan daging
- Penumbuk
- Dandang
- Baskom plastik
- Pisau
- Wajan

c) Cara membuat

Adapun proses pembuatan nugget ikan adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan ikan dari sirip, tulang dan bagian lain yang tidak diinginkan lalu cuci hingga bersih
2. Haluskan daging dengan gilingan daging atau penumbuk atau blender.
3. Campur daging hasil gilingan dengan seluruh bahan, lalu uleni hingga merata.
4. Masukkan adonan ke dalam dandang dan kukus selama 25 menit, lalu dinginkan
5. Potong-potong adonan sesuai dengan selera
6. Celupkan potongan adonan ke dalam telur, kemudian gulingkan ke tepung roti beberapa kali.
7. Goreng potongan adonan sampai kering.
8. Nugget siap dikemas atau dimakan.

(Sumber : www.budiboga.blogspot.com)
copy right: http://www.bisnisukm.com

Peluang Usaha Boneka Santun Khas Indonesia


Jika kita bernostalgia kembali ke masa kanak-kanak, hampir semua kaum hawa pasti lekat dengan permainan boneka-bonekaan. Boneka memang menjadi teman bermain yang paling mengasikkan bagi anak perempuan. Biasanya seorang anak akan membuat jalan cerita saat bermain bersama boneka. Pagi-pagi mandi, lalu makan, berangkat ke sekolah, sampai tidur. Ini artinya dengan bermain boneka, seorang anak bisa melatih imajinasinya dalam merangkai sebuah cerita sehingga dapat mendukung proses tumbuh kembang dan daya nalar si kecil.


Ada beberapa macam boneka mulai dari plastik sampai boneka dari kain atau karet dan yang populer sekarang ini adalah boneka Barbie. Wajahnya cantik bak seorang putri raja, model bajunya modis dan lucu, aksesorisnyapun banyak, ada alat make up, alat memasak dll. Barbie, yang diproduksi oleh Mattel Inc., sejak kehadirannya pada Maret 1959 memang selalu berinovasi untuk meluncurkan koleksi baru yang menarik termasuk meluncurkan boneka Morrocan Barbie dan boneka bernama Leila, yang ditujukan untuk merepresentasikan wanita muslim. Sebuah pabrik di Michigan juga mengeluarkan boneka bernama Razanne, yang dikhususkan untuk muslimah di Amerika Serikat dan Inggris, ada juga boneka Sara di Iran dan Fulla di Arab.

Jangan salah Indonesia juga punya loh!!! Ada beberapa yang memproduksi boneka santun berbusana muslimah khas Indonesia seperti Arossa dan Salma. Seperti halnya barbie, boneka berbusana muslim ini juga tidak kalah modisnya. Begitu cantik dengan padanan motif yang unik dengan detil yang begitu diperhatikan ditambah balutan jilbab dengan busana menambah kesan cantik dan anggun. Bahan yang digunakan untuk membuat baju bermacam-macam misalnya kain satin, katun, batik, bahan sifon, songket, sari, dan piskin. Dalam memilih bahan perlu diperhatikan keawetan dan ketahanannya.

Membuat boneka dengan menonjolkan nuansa keislaman, bisa jadi menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Beberapa pelaku industry ini bahkan telah berhasil menjual produknya hingga menembus pasar Internasional seperti Malaysia, Sinagpura, Brunei, Jerman, Inggris, Bangladesh, dan Amerika. Omzetnya mencapai belasan juta rupiah perbulan. Pesanan boneka ini biasanya meningkat tajam saat menjelang puasa, lebaran dan hari libur.

Selain memberikan pilihan mainan baru bagi anak-anak, boneka muslim ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan busana muslim sejak masa kanak dan mengajarkan nilai-nilai keislaman sedari awal. Selain berfungsi sebagai mainan, boneka islami ini juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan, koleksi, bahkan sebagai gift atau souvenir.

Ingin mencoba bisnis ini? Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda:

* Boneka yang digunakan biasanya berwajah bule bisa diganti dengan wajah orang asia atau negara-negara islam agar nuansa islaminya lebih kental.
* Kebanyakan boneka yang digunakan berwujud wanita, ciptakan juga kreasi boneka pria berbusana muslim, boneka pengantin muslim, sepasang boneka berpakaian adat ala muslim dll.
* Lengkapi boneka dengan berbagai aksesoris perlengkapan ibadah (sajadah, tasbih, mukena, masjid dll).

Sumber gambar:

http://officesoft.files.wordpress.com/2008/04/boneka-muslim.jpg
http://uploads.iklanmax.com/89222/boneka-muslimah-salma.jpg
copy right: http://www.bisnisukm.com

Sabtu, Juli 25

Aneka Kerajinan Cangkang Telur Bernilai Jual Tinggi


Telur memang enak dimakan dan bergizi tinggi. Ada yang senang dibuat telur dadar, telur mata sapi, telur kecap, omlete, kerak telor dan banyak lagi yang lain. Isinya kita makan dan cangkangnya kita buang ditempat sampah. Dan selalu, kulitnya berakhir di tong sampah menjadi barang tak bernilai.



Bila disikapi dengan penuh imajinasi semuanya bisa disulap jadi lebih bermanfaat, bila kreativitas dan ketekunan diberi tempat, cangkang telur pun bisa menjadi sebuah karya yang indah dan mahal! Lagi-lagi boleh dibilang banyak hal menarik yang justru bisa didapat dari sampah atau limbah.

Kalaupun ada yang jeli melihat peluang bisnisnya mungkin hanya sebagian saja. Seperti yang dilakukan oleh salah satu warga bantul Yogyakarta yang menciptakan berbagai produk keramik dipadu dengan ornamen dari kulit telur seperti Guci Kulit Telur, Botol Kulit Telur dan Bola Kulit Telur.

Cara pembuatannya memang membutuhkan kecermatan dan banyak pengalaman untuk menghasilkan sebuah karya yang indah. Setelah cangkang telur dibersihkan dari kulit arinya, lalu dilakukan pengeringan dan langsung ditempelkan ke berbagai kerajinan dari keramik atau yang lainnya. Selanjutnya dilakukan proses pengeleman dan pengamplasan, kemudian diberi dempul dan diberi pewarna.

Ada juga yang membuat kerajinan batik kayu dengan kulit telur. Hasilnya patung sepasang pengantin jawa dengan pakaian pengantin yang dikreasikan menjadi motif batik dari kulit telur, topeng yang biasanya dibatik, dilukis atau dicat, bisa dikreasikan dengan kulit telur, lampu meja bermotif batik dengan kulit telur, lilin dalam gelas, kotak, bahkan peralatan rumah tangga.

Kerajinan dari cangkang telur ini cukup menarik untuk ditekuni karena tidak membutuhkan modal besar, dan limbah cangkang telurnyapun juga mudah didapat di berbagai tempat, salah satunya tempat pembuatan dan penjualan kue yang memakai bahan telur, penjual martabak telur dll. Selain bisa menggembangkan kreasi, kreativitas, bisa menghasilkan uang, juga dapat memperkecil jumlah sampah rumah yang berarti ikut berperan serta dalam melestarikan lingkungan.

Jika beberapa kerajinan tadi berasal dari cangkang telur yang sengaja dipecahkan lalu ditempel pada suatu media namun ada yang menggunakan cangkang telur utuh untuk dibuat menjadi ukiran dengan berbagai bentuk yang menarik. Cangkang telur yang diukir haruslah yang sempurna tanpa retak. Setelah isi dikeluarkan, dicuci dan dibersihkan, telur diukir dengan alat khusus.

Proses pengukiran ini harus dilakukan dengan sangat hati – hati agar cangkang telur tidak pecah. Dari beberapa jenis telur yang sering digunakan untuk menjadi ukiran, telur ayam tergolong yang paling sulit untuk diukir karena memiliki cangkang yang tipis. Hampir segala bentuk bisa dituangkan dalam ukiran ini, dari motif binatang, tumbuh-tumbuhan, bentuk-bentuk geometris, logo perusahaan / merek-merek tertentu, bahkan kaligrafi. Harganya memang cukup mahal, padahal bahannya hanya dari cangkang telur. Namun disinilah letak seninya. Mengubah sesuatu yang tidak berharga menjadi bernilai tinggi.

Biasanya orang melukis di atas kanfas. Namun kini cangkang kulit juga bisa digunakan sebagai media lukisan. Hasilnya cukup unik dan menarik. Motif lukisannya bisa bermacam-macam bahkan wajah sejumlah tokoh terkenal sekalipun. Selain dilukis telur juga bisa dihias dengan berbagai pernak-pernik seperti glitter, payet, munte,dll. Cangkang yang digunakan bisa dari telur bebek, ayam, putuh, burung kasuari, unta dll. Harganya memang cukup mahal, namun ini sebanding dengan kecermatan, bahan yang dipakai, dan waktu yang dihabiskan untuk melukis atau menghiasnya.

Proses pembuatan kerajinan telur hias tidak terlalu sulit asalkan tahu caranya. Mula – mula bagian bawah cangkang telur dilubangi dengan paku. Kuning telur lalu dipecahkan dengan menggunakan kawat. Selanjutnya mengeluarkan isi telur. Prosesnya dilakukan dengan menyuntikkan udara ke dalam cangkang telur.

Setelah isi telur keluar semua, proses selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam cangkang telur. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan air yang dicampur cuka. Campuran air dan cuka disuntikkan ke dalam cangkang telur, dan kemudian dikeluarkan kembali. Setelah isinya dibersihkan, cangkang telur dikeringkan selama dua hari.

Kini mulailah melukis atau menghias cangkang telur. Proses menghias diawali dengan membuat sketsa di kulit telur. Lalu sketsa diberi lem. Setelah itu ditempeli hiasan. Ada juga yang dilakukan dengan teknik memotong cangkang telur, dan dijadikan tempat perhiasan. Karena cangkang telur mudah pecah, maka proses pengerjaannya harus hati – hati.

Berbagai kerajinan dari cangkang telur ini bisa menjadi alternatif untuk kado / souvenir ataupun bisa untuk menambah dekorasi dan hiasan rumah.

(Sumber gambar: http://ukirtelur.blogspot.com/)
copy right: http://www.bisnisukm.com

UKM Dongkrak Kontribusi Industri Kreatif ke PDB Jadi 8%


Jakarta - Peran UKM mampu mendongkrak kontribusi industri kreatif terhadap produk domestik bruto (PDB) menjadi 8% selama 2004-2008. Sebelumnya, kontribusi industri kreatif yang hanya disumbang pemain besar dan menengah hanya tercatat sebesar 6,3%.



"Dalam up dating industri kreatif, kami tambahkan sumbangan 6,3% (terhadap PDB) untuk perusahaan besar dan menengah, kita tambah industri mikro dan rumah tangga. Kontribusi UKM dan rumah tangga meningkat 8% dari 2004-2008 ini merupakan signifikan, kita dorong," jelas Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dalam acara konferensi pers di PPKI, JCC, Jakarta Jumat (26/6/2009).

Dari 14 sub sektor industri kreatif, yang mengalami pertumbuhan sangat signifikan adalah fesyen disusul musik, film, peranti lunak, periklanan, artistektur, dan interaktif.

"Dalam keadaan pertumbuhan yang melambat (krisis), industri kreatif mengalami pertumbuan positif," katanya.

Dalam road map industri kreatif, hingga tahun 2025, sektor ini diupayakan untuk menjadi 4 pilar utama dalam perekonomian nasional melengkapi sektor pertanian, industri dan jasa.
(hen/lih)

Info Kurs,berita financial dan ekonomi.
Ketik: REG ECO kirim SMS ke 3845 (khusus pelanggan Telkomsel, Flexi).
Ketik: REG EKO kirim SMS ke 3845 (khusus pelanggan Indosat dan Tri).

Kamis, Juli 23

jualan jilbab sampai Go International


Kemajuan teknologi sudah dapat di rasakan oleh satu ukm di kabupaten probolinggo salah satunya yaitu mas Juni Veriyanto . Mas juni ini sudah LAMA mengenal blog, beliau sudah berhasil memasarkan produknya ke malaysia . Produk mas juni yaitu "AMIZAH COLECTION " koleksi jilbab , salah satu contoh produk mas juni untuk info






lebih lanjut silakan kunjungi http://amizahjilbab.blogspot.com
NB:
bagi Bapak/Ibu yang ingin seperti mas juni, silakan hubungi bromo telecenter kita siap membantu untuk membuatkan blog atau bagi bapak/ibu yang ingin belajar blog ukm pengembangan UKm silakan hubungi bromo telecenter gratisss

Info AMIZAH
Sarana untuk memperkenalkan diskripsi produk dan koleksi AMIZAH Collection
Head Office (HO)
Jl. Damai Desa Pesisir Dusun Mawar Rt. 05 Rw. 01
Sumberasih Probolinggo 67251
Hot Line 24 Jam
Sms Centre : +6285258936003
Blog
http://amizahjilbab.blogspot.com
E-Mail
amizah.collections@gmail.com

Rabu, Juli 22

Ayo internetan murah RT/RW net

kalok mau internet murah bagi warga kraksaan bisa konek wifi ke kantor bromotelecenter. Signal wifi uda di letakkan di atas gedung Islamic lo.. silakan konek. Ini saya beri contoh film RT/RW net di daerah lain yg sudah pakai. mereka aja mau.., masak kita warga kraksaan gak mau.. ???
http://www.youtube.com/watch?v=jjSMieDhQ5I
kalao perlu pelatihan buat wajan bolik bole.. bromotelecenter akan mengadakan pelatihan juga, silakan kontak kantor ya : 0335-841610



Selasa, Juli 21

Prospek Cerah Sektor Usaha Unggulan Kerajinan Bordir


Kerajinan bordir merupakan salah satu sektor usaha unggulan yang dapat menopang peningkatan taraf hidup masyarakat di Indonesia. Kerajinan bordir juga terbukti mampu menembus pasar ekspor. Salah satunya pengusaha yang berhasil dalam usaha kerajinan bordir adalah ibu Mutia.

Usaha ini dilakoni bu Mutia, pemilik Mutia Bordir sejak tahun 1987. Awalnya dia mendapat bantuan 1 buah mesin jahit dari P2WIK yang sekarang awam orang dikenal dengan dinas deperindag.

“Saya selalu ingat mbak, dulu saya dibilangin bapaknya (pihak P2WIK) untuk jadi pengusaha,” ungkapnya serambi tertawa. Namun usahanya sekarang telah berkembang. Dari hanya mempunyai 1 buah mesin jahit, sekarang menjandi lebih dari 10 buah mesin jahit, dengan beberapa karyawan.

Punya Keunggulan Tersendiri

Dalam ruangan berukuran sekitar 2 x 5 m inilah usaha Mutia Bordir dibuat. Mutia Bordir lebih mengkhususkan dibidang garmen. Produk yang dihasilkan berupa baju-baju dengan bordir yang khas.

Konsumen akan dapat langsung melihat keunikan motif bordir yang menempel pada baju-baju yang dihasilkan dari Mutia Bordir. Motifnya yang klasik hampir seperti motif batik tulis menjadi keunggulan Mutia Bordir untuk bersaing dengan kompetitor yang lain.

Mutia Bordir memang belum lama beralih ke motif klasik ini, namun demi memenuhi keinginan pasar yang terus berkembang pilihan untuk menemukan satu inovasi yang baru harus terus berkembang.

“Inovasi untuk desain itu harus selalu berjalan bahkan berlari mbak,” ungkap ibu dengan perawakan mungil ini. Bahan baku pokok untuk usahanya ini dibelinya dari satu pabrik di Medari Sleman sedangkan bahan kombinasi hanya dibelinya dipasar terdekat.

Produk dari Mutia Bordir sangatlah terjangkau, rata rata berkisar antara 80ribu rupiah. Saat ini bu Mutia mengakui sedang kekurangan sumber daya manusia yang terampil, namun usahanya tetap berjalan seperti biasanya.

Prospek Pasar

Pecinta Mutia Bordir memang barulah domestik saja, selain memenuhi pasar Jogjakarta kebanyakan produknya lari ke Jakarta dan ada beberapa diantaranya ke Surabaya, bahkan Riau. Mutia Bordir bekerja memang bedasarkan dari pesanan yang ada selain menyediakan stok untuk gerai kecil didalam rumah bu Mutia sendiri.

Karena memang sudah sangat lama usaha dibidang ini Mutia Bordir mempunyai banyak kolega yang biasa memesan produknya untuk dipasarkan, walaupun diakui ibu yang selalu murah senyum ini sangatlah banyak usaha yang bergerak dibidang yang sama dengan yang dilakoninya tersebut.

Omzet penjualan bisa mencapai 10 juta rupiah dalam sebulan. Untuk para karyawannya, bu Mutia memberi upah sesuai dengan bagian kerja yang mereka lakukan yakni antara 15.000 sampai 25.000 per harinya dan jika banyak pesanan sistem upah borongan.

Jenis produk bordir bermacam-macam satu diantaranya adalah pakaian. Permintaan produk bordir berupa pakaian senantiasa mengalami peningkatan terutama menjelang perayaan hari besar umat Islam yaitu pada Idul Fitri dan Idul Adha.

Permintaan produk bordir lainnya relatif stabil tidak terlalu terpengaruh dengan hari-hari besar Islam. Produk-produk dimaksud seperti louper, bedcover, penunjang alat makan dan lain-lain. Sebagian besar produk bordir ditujukan untuk memenuhi permintaan konsumen luar negeri, hanya 40% produksi bordir yang ditujukan untuk konsumen dalam negeri.

Untuk pengembangan ekspor produk-produk bordir agar tetap diminati oleh konsumen di luar negeri, peningkatan mutu desain serta diversifikasi produk akan sangat membantu mempertahankan selera konsumen.

Tahap Perkerjaan Kerajinan Bordir

Tahap pekerjaan secara garis besar dibagi menjadi 10 macam :
1. Menyediakan dan menyiapkan alat-alat yang diperlukan.
2. Menyiapkan dan membuat desain motif.
3. Memindah atau menjiplak desain motif pada kain yang hendak dibordir.
4. Memasang kain yang sudah diberi motif pada ring.
5. Memilih, menentukan dan memasang benang bordir pada mesin bordir.
6. Menyiapkan, memeriksa dan menggerakkan mesin bordir yang hendak kita pakai.
7. Membuat bordiran sesuai dengan motif pada kain.
8. Membuat krawang dengan alat solder apabila krawang tidak dibuat langsung dengan mesin bordir.
9. Membersihkan sisa-sisa benang bordir yang melekat dibalik permukaan kain yang sudah dibordir.
10. Menyetrika hasil bordiran agar kelihatan bagus.

Simulasi Keuntungan Usaha Kerajinan Bordir

Pengeluaran
Pembelian Bahan Baku : Rp. 3.000.000,00
Biaya Operasional 1 Bulan : Rp. Rp. 500.000,00
Gaji 10 orang karyawan @ Rp. 400.000,00 : Rp. 4.000.000,00
Total Pengeluaran : Rp. 7.500.000,00

Pemasukan
Penjualan Baju Bordir 1 bulan (100 potong) : Rp. 10.000.000,00

Laba Bersih
Rp. 10.000.000,00 – Rp. 7.500.000,00 : Rp. 2.500.000,00

(sumber gambar : www.bi.go.id)
copy right: http://www.bisnisukm.com

Senin, Juli 20

BLK Kraksaan Cetak Tenaga Kerja Terampil


KRAKSAAN - Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Kraksaan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo, terutama bagi mereka yang belum bekerja dan ingin mengasah ketrampilan. Tiap tahun, 70 % lulusan dari BLK Kraksaan terserap pasar kerja dan mampu berwirausaha. BLK Kraksaan yang didirikan sejak 2003 lalu itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat Kabupaten Probolinggo.


Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Probolinggo Farid Heryadi kepada Bromo Info, Kamis (9/7) mengatakan untuk mengatasi kemiskinan dan mengurangi banyaknya angka pengangguran, perlu upaya memberikan ketrampilan kepada masyarakat yang salah satunya melalui BLK Kraksaan. “Setelah lulus dari BLK, mereka bisa menciptakan pekerjaan bagi dirinya sendiri. Jika usahanya tersebut terus berkembang, maka dia mampu menciptakan pekerjaan bagi orang lain,” ujar Farid.

Menurut Farid, ada beberapa macam pelatihan yang diberikan oleh BLK Kraksaan dengan tempo waktu yang berbeda. Pelatihan yang harus ditempuh selama 480 jam atau dua bulan meliputi pelatihan otomotif sepeda dan mobil, pelatihan las karbet dan listrik (asetelin), meuble dan kontruksi bangunan. Sedangkan pelatihan yang hanya dapat ditempuh selama 240 jam atau satu bulan meliputi pelatihan menjahit, pelatihan teknik pendingin (AC dan kulkas), service dan perakitan komputer, bordir, dan processing aneka makanan.

“Dalam tempo waktu itu, mereka diberi latihan oleh instruktur hingga terampil sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Pesertanya berasal dari para pengangguran yang belum memiliki pekerjaan. Usianya berkisar antara 20 hingga 30 tahun. Antara materi dan praktek, kita lebih banyak memberikan praktek. Jika diprosentase, materinya 20 % dan prakteknya 80 %,” jelas Farid.

Lebih lanjut Farid menjelaskan peserta pelatihan di BLK Kraksaan berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Pesera tersebut diseleksi berdasarkan bakat dan minatnya. Supaya bisa membentuk watak dan sikap perilaku kerja, mereka juga diberi ujian Fisik Mental Disiplin (FMD) sebelum pelaksanaan pelatihan.

“Setiap bidang pelatihan, kita hanya menerima 20 pendaftar. Jika melebihi jumlah tersebut, maka kita adakan seleksi berdasarkan bakat dan minatnya. Pendaftar diberi kebebasan untuk memilih bidang yang disukainya. Meskipun ada yang lulusan SLTP, namun sebagian besar pesertanya berasal dari lulusan SLTA. Sehingga begitu lulus mereka sudah siap untuk diterjunkan di tengah-tengah masyarakat,” terang Farid.

Selain melakukan pelatihan, BLK Kraksaan juga melakukan sertifikasi dan penempatan tenaga kerja terampil. Sebab, BLK Kraksaan ini sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di dalam maupun luar Kabupaten Probolinggo. Sehingga begitu lulus, para peserta BLK Kraksaan mempunyai kesempatan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Selain itu, BLK Kraksaan juga sering mengirimkan lulusannya ke luar daaerah seperti Batam, Banyuwangi, Semarang, Jakarta bahkan juga ke luar negeri.

“Kita ingin para lulusan BLK Kraksaan memiliki keterampilan berwirausaha. Ke depan kita ingin mempunyai tambahan instruktur dan asrama sendiri. Sebab selama ini, para peserta masih tidur di BLK. Karena BLK Kraksaan belum memiliki asrama sendiri,” lanjut Farid.

Dijelaskan oleh Farid, setiap tahun jumlah pengangguran di Kabupaten Probolinggo terus mengalami peningkatan. Tahun 2008, jumlah pengangguran tercatat 53.000 orang dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 572.000 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data yang sudah tercatat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Probolinggo.

“Setiap tahun, jumlah pengangguran meningkat sebesar 1.000 orang. Sedangkan lowongan kerja yang ada berkisar antara 1.200 hingga 1.500 lowongan kerja. Jadi masih banyak lagi masyarakat yang belum mempunyai kesempatan untuk memperoleh pekerjaan. Semoga dengan adanya BLK Kraksaan ini, kita bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Probolinggo,” harap Farid.(wan)

Teks Foto : Tampak salah satu pelatihan yang diberikan kepada peserta yang ada di BLK Kraksaan
sumber : http://probolinggokab.go.id

Kamis, Juli 16

Kunjungan WABUP Kabupaten Probolinggo


Pada acara kemarin Wabup Kabupaten Probolinggo Salim Qurays, S.Ag .Beliau juga menyempatkan diri untuk datang ke Kantor Bromo Telecenter untuk meninjau kenerja Bromo Telecenter Tim.


Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi



Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guna Menunjang Ekspor UKM yang di selenggarakan kemarin pagi cukup sukses semenar ini di selenggarakan oleh Pihak Pemda Probolinggo dan Cruew Bromo Telecenter, acara ini di hadiri oleh kurang lebih 50 Pengusaha UKM kabupaten Probolinggo , bertempat di Islamic Center Ruang Arsip lantai 2 berdekatan dengan kantor Bromo Telecenter . Madsud dan tujuan dari acara ini adalah Pengenalan Dunia Teknologi Internet dan Bagaiaman memanfaatkan layananan Bromo Telecenter yang berkaitan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guna Menunjang Ekspor UKM di kabupaten probolinggo
juga di hadiri oleh Pihak dari Propinsi Jatim Pak Miswan beserta rekan-rekan dan dari Pihak Tuan rumah BAPEDDA Kabupaten Probolinggo Pak Heru dan Rekan-rekan PEMDA dan Pihak INFOKOM kabupaten probolinggo .Juga Bapak WABUP Kabupaten Probolinggo Salim Qurays, S.Ag, M.si ikut hadir dalam seminar ini. Di sini Beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke kantor Bromo Telecenter .

Senin, Juli 13

Lampu hias gaya jepang


Lampu hias model kerajinan jepang, sangat cocok untuk dekorasi rumah anda.
Pembuatan rapi dan halus, dari bahan kayu yg baik, serta lapisan plitur yg halus.
Harga Rp. 400.000,-



Minggu, Juli 12

Kunjungi Malang Career Fair 2009 tgl 17-18 Juli 2009

Kunjungi Malang Career Fair 2009, pameran bursa kerja terbesar di Malang yang diikuti oleh berbagai perusahaan terkemuka dengan ribuan lowongan kerja di berbagai bidang bagi lulusan SLTA, D1, D3 sampai dengan S1.
Acara ini diadakan oleh Aero Komunika selaku penyelenggara dan penanggung-jawab kegiatan bekerja sama dengan karir.com.
Waktu & TempatJumat-Sabtu, 17-18 Juli 2009Pukul 09.00-17.00 WIB
Hotel Griyadi Montana Jl. Candi Panggung No. 2 Malang
Perusahaan Peserta :


Alfamart
Atri Distribusindo
Andi Offset
AXA Mandiri
Bank Danamon, Tbk.
BehaEstex
Berlina, Tbk.
Cybersama Technology
Dexa Medica
Eisai Indonesia
Esther of Beauty
karir.com
Matahari Putra Prima, Tbk.
Meratus Line
Mandala Multifinance, Tbk.
Parastar Echorindo
Pharos Indonesia
Panggung Electric Citrabuana
Samator Gas
Smart, Tbk.
Summit Auto Group
Tigaraksa Satria, Tbk.
Trikomsel Oke, Tbk.
Wismilak


HTM: Rp. 20.000,- SeminarKiat lolos wawancara kerja dan sukses melamar kerjaPersiapkanlah diri Anda sebaik mungkin, bawalah CV + surat lamaran dan bersiaplah untuk menghadapi wawancara langsung di lokasi! Informasi & pendaftaranAero Komunika: (0341) 9001199, 0817 459097karir.com (021) 5290 3980


Jumat, Juli 10

Info lowongan kerja "Bagian administrasi"


Di butuhkan tenaga Administrasi lulusan minimal setingkat SMA/SMU untuk ditempatkan di PT.YTL paiton probolinggo
Surat Lamaran bisa ditujukan langsung ke PT.CKI paiton
Sekali lagi .. datang langsung dan wawancara... OK

Rabu, Juli 8

sekolah bulutangkis bromo jaya kota kraksaan kirim 5 atlit

baru sepekan berdiri kira - kira 6 bulan lalu sekolah bultangkis bromo jaya kota kraksaan mengirimkan 5 atlit di kejuaraan master cup di malang yang di mulai tanggal 1-5 juni di gor master jl lely.adapun atlit- atlit tersebut adalah :
1.Imron akbar (siswa SDN Sukokerto 1 pajarakan) yang turun di tunggal anak - anak
putra
2.inung Rosyid (siswa SMP 2 Paiton) yang turun di tunggal remaja putra
3.Nurhadi (siswa SMK 2 kraksaan)yang turun di tunggal taruna putra
4.nurhuda (siswa SMK 2 kraksaan)yang turun di tunggal taruna putra
5.Riska AM siswa SMA 1 kraksaan)yang turun di tunggal taruna putra
dalam kejuaraan ini tidak mematok target apa- apa.

pengirim

zakaria jaya









Kriuk…Kriuk Keripik Kulit Pisang/Peluang Bisnis


Pisang merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, A, mineral, serat dan kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Orang sudah banyak mengakui kelezatan dan kandungan gizi pada buah pisang. Namun belum banyak yang melirik kelezatan kulit pisang. Selama ini orang hanya menikmati buahnya saja.

Kulit pisang merupakan hasil samping dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik kulit pisang. Walaupun kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat.

Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

Manfaat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Hal ini menjadi peluang bisnis baru. Para pengusaha keripik pisang tidak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabur aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Keripik kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastic PP (Poliprophilen). Pilihlah plastic PP dengan ketebalan yang cukup agar produk tetap renyah. Pengemasan sebaiknya menggunakan sealer (penyegel), jangan menggunakan lilin. Berilah label pada kemasan plastic. Sebaiknya label tidak dimasukkan dalam kemasan sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan higienitas produk.

Berikut adalah cara pembuatan keripik kulit pisang :
Bahan
1. Kulit pisang
2. Air kapur
3. Garam
4. Gula
5. Tepung

Cara pembuatan :
1. Siapkan kulit pisang dan cuci hingga bersih.
2. Buat larutan kapur dengan mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam 1 liter air.
3. Rendam kulit pisang dalam larutan air kapur selama 20 menit.
4. Buat larutan garam dengan mengambil satu sendok teh garam dan dilarutkan dalam satu liter air.
5. Kemudian rendam kulit pisang dalam larutan garam selama 20 menit
6. Buat larutan gula dengan mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam satu liter air.
7. Rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit.
8. Jemur kulit pisang hingga kering (8 jam) .
9. Goreng kulit pisang kering hingga kuning kecoklatan.
10. Jika menginginkan penggorengan dengan tepung, lakukan kembali langkah nomor 4-7 dan masukkan kulit pisang dalam adonan tepung.
11. Setelah terlihat keripik pisang mulai berwarna kuning, angkat dari penggorengan dan tiriskan.
12. Sajikan keripik kulit pisang dengan minuman hangat sebagai hidangan di sore hari.

(Sumber gambar : myhealthblogging.com)
copy right: http://www.bisnisukm.com

Minggu, Juli 5

Kursus komputer anak - anak hadir di Kraksaan CompuOne

Segera di buka kursus komputer anak.
Anda ingin buah hati anda bisa komputer dengan lancar dan pandai.
Daftarkan di "CompuOne".

Tempat Pendaftaran
Info lengkap Hubungi : 0335-841610
BromoTelecenter
Gedung Islamic Center Kraksaan Probolingo

Kamis, Juli 2

SEMINAR " MARKETTING ON LINE UNTUK PRODAK UKM "


HADIRLILAH SEMINAR " MARKETTING ON LINE UNTUK PRODUK UKM"diselenggarakan oleh PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PROBOLINGGO .DI GEDUNG ISLAMIC CENTER LANTAI 3 (SAMPING KANTOR BROMO TELECENTER )PADA TANGGAL 15 JULI 2009 INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI KANTOR BROMO TELECENTER

Kapasitas Terbatas untuk 50 peserta





Tutup gelas Hias





Tutup Gelas hias.
Sangat indah dan cantik, dengan warna merah, dan coklat.
Untuk warna pilihan yg lain ada juga, tapi harus pesan dulu.
Untuk yg
warna merah Harga : Rp. 23.000,-
warna coklat Harga : Rp. 21.000,-

Rabu, Juli 1

Belajar Potensi Wisata dan Parkir Berlangganan


DRINGU - Selama dua hari berturut-turut Senin (22/6) dan Selasa (23/6), Pemerintah Kabupaten Probolinggo menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Bangkalan dan DPRD Kabupaten Aceh Tamiang. Kedua rumpun daerah berbeda ini tetarik dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab. Probolinggo khususnya dari potensi wisata dan parkir berlangganan.

Ali Wahdin Ketua Komisi C yang juga ketua rombongan DPRD Kabupaten Bangkalan menyampaikan bahwa kunjungannya ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bangkalan untuk memberikan konstribusi PAD yang signifikan khususnya dari sektor pariwisata.“Kunjungan ini merupakan sebuah upaya untuk belajar banyak dari Pemkab Probolinggo dalam mengelola aset daerah agar mampu meningkatkan PAD, khususnya di bidang pariwisata.” Kata Ali.
Ali menjelaskan bahwa Kabupaten Bangkalan memiliki kesamaan kultur dengan Kabupaten Probolinggo sehingga model pengembangan pariwisata yang dikembangkan di Kabupaten Probolinggo kemungkinan besar bisa diaplikasikan di Kabupaten Bangkalan.

Sementara Kunker DPRD Aceh Tamiang di Kabupaten Probolinggo yang diterima langsung Wakil Bupati Probolinggo, Salim Qurays, S.Ag lebih cenderung tertarik untuk mempelajari sistem parkir berlangganan yang diterapkan Kabupaten Probolinggo.

Kunker ini dipimpin oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. Awaluddin beserta Ketua dan anggota Komisi C DPRD, serta beberapa kepala satuan kerjanya. Awaluddin menyampaikan bahwa PAD Kabupaten Aceh Tamiang sebesar Rp. 20 miliar per tahun, PAD itu menurutnya masih jauh dibandingkan dengan Kabupaten Probolinggo yang PAD nya mencapai Rp. 30 miliar.

“Kami ingin tahu bagaimana, Pemkab Probolinggo mengelola parkir berlangganan, yang mampu memberikan kontribusi PAD hingga Rp. 1,4 miliar”, tegas Awaluddin yang mengaku banyak tahu Kabupaten Probolinggo dari website ini. Ia juga berencana akan menerapkan sistem parkir berlangganan di daerahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Windu Aswad menjelaskan, bahwa parkir berlangganan ini memberikan kontribusi bagi PAD Kabupaten Probolinggo. Jika sebelumnya hanya Rp. 120 juta per tahun, kini dengan parkir berlangganan mampu memberikan kontribusi untuk PAD sebesar Rp. 1,4 miliar.

Pengelolaan parkir berlangganan ini memang dilakukan bersama Polres Probolinggo, penarikannya sendiri dilakukan ketika pembayaran pajak kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat di Samsat setempat. Besarnya parkir berlangganan untuk sepeda motor sebesar Rp. 25 ribu, sedangkan roda empat Rp. 50 ribu per tahun. Secara otomatis mereka mendapatkan stiker parkir berlangganan dari Samsat.

“Jika ada pengguna kendaraan dari luar Probolinggo (bukan plat N) tetap akan ditarik retribusi parkir. Tapi, khusus pertokoan yang mempunyai tempat parkir sendiri, ya harus bayar. Parkir langganan, itu hanya untuk parkir di tepi jalan umum," jelasnya

Tidak ketinggalan, pejabat humoris ini juga meminta penjelasan kepada perwakilan dari Kabupaten Aceh Tamiang terhadap pemberlakuan hukum Islam. Yaitu hukum rajam bagi yang melakukan maksiat, berzina, mencuri dll.

Secara singkat Awaluddin, menjelaskan hukum islam yang diterapkan di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya hukuman rajam bagi yang berbuat maksiat. “Hukuman itu dilakukan jika ada yang berbuat maksiat, hukum rajam ini biasanya berupa cambukkan sebanyak 7 hingga 8 kali di halaman masjid seusai sholat Jum’at. Bukan hukumannya yang berat, tapi malunya itu, karena dihadapan orang banyak”, tegasnya lagi.

Wabup Salim yang memimpin dialog itu menyampaikan, bahwa silaturahim ini juga sebagai ajang untuk saling memberikan dan menerima informasi apa saja yang dibutuhkan dan bermanfaat baik oleh Kabupaten probolinggo, maupun Kabupaten Aceh Tamiang.(rez/van)
sumber dari:http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=1908&Itemid=92

Template by: Abdul Munir
Website: 99computercity